Selamat Datang di Website INFO PENDIDIKAN | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di zainalinfopendidikan.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

RPP Asam Basa Kelas XI Semster 2

RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP)


                                       Sekolah                    : SMAN 2 Padang
Mata Pelajaran       : Kimia
Kelas/Semester       : XI/2
Materi Pokok          : Asam dan Basa
Alokasi Waktu        : 12 JP ( @ 45 Menit )

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, mempertanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan diharapkan peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrheniusmelalui diskusi kelompok dengan benar
2.      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowrymelalui diskusi kelompok dengan benar
3.      Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinyamelalui diskusi kelompok dengan benar
4.      Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewismelalui diskusi kelompok dengan benar
5.      Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
6.      Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indicator asam dan basamelalui diskusi kelompok dengan benar
7.      Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)melalui diskusi kelompok dengan benar
8.      Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinyamelalui diskusi kelompok dengan benar
  
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Konmpetensi

KD pada KI 3
KD pada KI 4
3.10.Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan

IPK
3.10.1     Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
3.10.2     Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry.
3.10.3     Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
3.10.4     Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.
3.10.5     Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
3.10.6     Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indicator asam dan basa.
3.10.7     Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb).
3.10.8     Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

4.10     Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.


IPK
4.10.1 Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator.
4.10.2 Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.
4.10.3 Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indicator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium.
4.10.4 Menyimpulkan trayek perubahan warna larutan asam dan basa.


C.    Materi Pembelajaran
  1. Fakta             : Asam cuka merupakan salah satu larutan asam.
  2. Konsep           :
a.       Teori asam basa Arrhenius.
Asam menurut Arrhenius adalah zat yang dalam air melepaskan ion H+. sedangkan basa adalah senyawa yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksida (OH-).
b.      Pengertian valensi asam.
Valensi asam adalah jumlah ion H+ yang dapat dihasilkan oleh satu molekul asam.
c.       Pengertian indikator asam-basa
Indikator asam-basa adalah zat yang dapat memperlihatkan warna berbeda dalam lingkungan asam dan basa.
d.      Pengertian trayek pH indicator adalah batas-batas pH dimana indicator mengalami perubahan warna.  
  1. Prinsip:
a.       Asam tau basa kuat mengion sempurna (α ≈ 1), asama atau basa lemah mengion hanya sebagian kecil (α ≈ 0).
b.      Semakin besar nilai Ka, semakin kuat keasamannya.
c.       Konsentrasi ion H+ dalam larutan asam kuat dapat ditentukan dengan kemolaran asamnya.
d.      Konsentrasi ion OH- dalam larutan basa kuat dapat ditentukan dari kemolaran basanya.
e.       Untuk asam lemah berlaku:
f.       Untuk basa lemah berlaku:
g.      Tingkat keasaman larutan dinyatakan dalam skala pH; semakin asam larutan, semakin kecil pH nya.
h.      pH= - log [H+]
pOH= - log [OH-]
pKa= - log Ka
pKb= - log Kb
pKw= - log Kw
  1. Prosedur :
Menunjukkan larutan asam, larutan basa dan larutan netral.
Rancang dan lakukanlah suatu percobaan untuk menentukan sifat asam-basa dari berbagai larutan ammonia, air tanah, dan air got. Anda dapat menggunakan air suling sebagai contoh larutan netral, asam cuka sebagai contoh larutan asam, dan air kapur sebagai contoh larutan basa. Sebagai indicator asam-basa, dapat digunakan lakmus merah dan lakmus biru, serta indikator pH (indicator universal untuk menentukan pH larutan).
D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Scientific Learning
Model Pembelajaran   : Tanya jawab, diskusi dan penugasan\

E.     Media Belajar
1.      Media             : Lembar Kerja Siswa.
2.      Alat/Bahan     : LCD dan Laptop.
F.     Sumber Pembelajaran
o   Buku Kimia untuk SMA kelas XI Erlangga,
o   media cetak,
o   media elektronik, dll.
G.  Kegitan Pembelajaran
1.      Pertemuan Ke-1( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø  Pendahuluan/ Kegiatan Awal
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
 untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitakan manteri pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalamaan peserta ddik
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan

o   Motivasi
·         Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaranpada pertemuan
yang  berlangsung.
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari asam dan basa
dalam kehidupan sehari-hari.
o   Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
 saat itu
·         Pembagian kelompok belajar.
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15  Menit
Ø  Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
·         Peserta didik membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung) tentang materi asam dan basa
·         Peserta didik mengamti media yang ditampilkan guru tentang asam dan basa
·         Peserta didik mendengar dan menyimak penjelasan pengantar tentang materi pelajaran

Menanya
·         Peseta didik berdiskusi di dalam kelompok dengan mengungkapkan materi yang dapat dipahami dari kegiatan mengamati kepada sesama anggota kelompok.
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran asam dan basa yang tidak dipahami dari kegiatan mengamati, misalnya :
-          Apa saja contoh asam dan basa dalam kehidupan sehari-hari ?
Mengumpulkan data:
·         Mengidentifikasi beberapa larutan asam basa dengan beberapa indikator
·         Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewisdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasi
·         Menyimpulkan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted Lowry dan Lewis
·         Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
·         Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
·         Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan
·         Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·         Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·         Mengemukanpendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·         Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
·         Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·         Menjawab pertanyaanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·         Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
·         Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)


145
Menit
Ø Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai asam dan basa.
2.      Guru bersama siswa merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
Siswa merefleksikan diri terhadap materi yang dipelajari.

20Menit
2.      Pertemuan Ke-2( 4 x 45 menit )
Waktu
Ø  Pendahuluan/ Kegiatan Awal
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
 untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikax zp disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitakan manteri pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalamaan peserta ddik
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
o   Motivasi
·         Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaranpada pertemuan
yang  berlangsung.
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari asam dan basa
dalam kehidupan sehari-hari.
o   Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
 saat itu
·         Pembagian kelompok belajar.
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
 

Ø  Kegiatan Inti
Mengamati:
·         Peserta didik membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung) tentang materi asam dan basa
·         Peserta didik mengamti media yang ditampilkan guru tentang asam dan basa
·         Peserta didik mendengar dan menyimak penjelasan pengantar tentang materi pelajaran
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan tentang Asam Dan Basa yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Misal :
1.            Apa perbedaan asam lemah dengan asam kuat dan basa lemah dengan basa kuat?
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
·      Mendiskusikan bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator
·      Merancang percobaan untuk pembuatan indikator alam dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·      Melakukan percobaan pembuatan indikator alam dan mengaplikasikannya.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Mengasosiasikan
·      Mengolah data hasil percobaan dan menyimpulkannya.
·      Memprediksi pH larutan dengan menggunakan beberapa indikator.
·      Berdiskusi tentang data yang sudah dikumpulkan/terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
·      Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
·      Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan.

Mengkomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal
·      Mengemukanpendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
·      Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
·      Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·      Menjawab pertanyaanyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
·      Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
·      Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
15 Menit

























145 Menit
Ø Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai asam dan basa.
2.      Guru bersama siswa merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
Siswa menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.

20 menit
3.         Pertemuan Ke-3( 3 x 45 menit )
Waktu
Ø Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
 untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
o   Apersepsi
·         Mengaitakan manteri pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalamaan peserta ddik
·         Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan
o   Motivasi
·         Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaranpada pertemuan
yang  berlangsung.
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari asam dan basa
dalam kehidupan sehari-hari.
o   Pemberian Acuan
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
 saat itu
·         Pembagian kelompok belajar.
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15 Menit
Ø  Kegitan Inti
Mengamati:
·         Peserta didik mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati dan menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa, indikator alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
·         Peserta didik mengamti media yang ditampilkan guru tentang asam dan basa
·         Peserta didik mendengar dan menyimak penjelasan pengantar tentang materi pelajaran

Menanya
·     Siswa bertanya bagaimana hubungan [H+] dengan pH?
·    Siswa bertanya bagaimana hubungan [OH-] dengan pOH?
·    Siswa bertanya bagaimana hubungan tetapan ionisasi asam (Ka) dengan derajat ionisasi (α)?
·    Siswa bertanya bagaimana cara menghitung pH larutan asam dan larutan basa?
Mengumpulkan data
·     Siswa merancang percobaan untuk pembuatan indikator alam dan mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·     Siswa melakukan percobaan pembuatan indikator alam dan mengaplikasikannya.
·     Siswa merancang percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat  serta basa lemah dengan basa kuat yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter dan mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi.
·     Siswa melakukan percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam kuat  serta basa lemah dengan basa kuat yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter.
·    Siswa mengamati dan mencatat hasil percobaan.

Mengasosiasikan
·     Siswa menghitung pH larutan asam dan larutan basa.
·     Siswa menghubungkan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan basa kuat untuk mendapatkan derajat ionisasi (α) atau tetapan ionisasi (Ka).

Mengkomunikasikan
·         Beberapa siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok tentang menghitung pH larutan asam dan larutan basasebagai rasa tanggung jawab dari tugas yang telah dikerjakan bersama kelompok masing-masing.
·         Siswa dari kelompok lain diminta menanggapi hasil presentasi dari kelompok penyaji.
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

145 Menit
Ø Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai asam dan basa.
2.      Guru bersama siswa merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung.
3.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
Siswa menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.

20
Menit

H.    TekniK Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Tugas
·     Merancang percobaan pemuatan indikator alam
·     Merancang percobaan kekuatan asam dan basa
b.      Observasi
·     Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat  skala volume, cara    menggunakan pipet, cara menimbang, keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
c.       Portofolio
·     Laporan percobaan

d.      Tes tertulis uraian
·     Pemahaman konsep asam basa
·     Menghitung pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·     Menganalisis kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan ionisasi (Ka).


Disyahkan oleh :        
Kepala SMA Negeri 2 Padang                                  

Diperiksa oleh :
Wakasek Kurikulum


Padang,     Januari 2017
Guru Mata Pelajaran


Drs.SyamsulBahri,M.Pd.I
NIP. 196603201990031006
Reni Lestari, S.Pd, M.Si
NIP. 197411132000122003          
Bustami, S.Pd
NIP.196603051989031009





Lampiran
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
a.      Aspek Kognitif
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1.      Jelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
2.      Jelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry.
3.      Tuliskan reaksi ionisasi dari asam/basa berikut: asam sulfat, kalium hidroksida, barium hidroksida.
4.      Berapakah pH larutan, jika [H+]: a. 0,01 M, b. 8 x 10-4?
5.      Suatu larutan mempunyai pH=5,5. Berapakah pOH larutan ini?
6.      Sebutkan zat yang termasuk elektrolit kuat dan elektrolit lemah!
7.      Bagaimanakah hubungan kekuatan asam dengan tetapan ionisasi asam?
8.      Tentukanlah pH dari  HCl 0,01 M.
9.      Manakah yang lebih kuat, NH3 atau CH3COO- ? (Kb NH3= 1x10-5; Ka CH3COOH= 1x10-5).





b.      Aspek Afektif
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PERTEMUAN KE-.....

            XI IPA
No
Nama
Sikap yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama
Tanggung jawab
Kejujuran
1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20




21




22




23




24




25




26




27




28




29




30




31








c.       Aspek psikomotor
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
PERTEMUAN KE-.....
KELAS XI IPA
No
Nama
Keterampilan yang diamati dalam membuat tugas
TW
TTW
L
TL
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





26






Keterangan :
            TW      : Tepat Waktu
            TTW    : Tidak Tepat Waktu
            L          : Lengkap
            TL       : Tidak Lengkap



3.      Pedoman Penskoran
a.      Aspek kognitif
Jawaban Soal
1.      Asam adalah zat yang dalam air melepaskan ion H+, sedangkan basa adalah senyawa yang dalam air dapat menghasilkan ion OH-.
2.      Asam adalah spesi yang mendonorkan proton, sedangkan basa adalah spesi yang menerima proton.
3.      H2SO4(aq) → 2H+(aq) + SO42-(aq)
KOH(aq)→ K+(aq) + OH-(aq),
Ba(OH)2(aq)→Ba2+(aq)+2OH-(aq)
4.      A. [H+] = 0,01 , pH= - log [H+]= - log (10-2)= 2.
B. [H+] = 8x10-4, pH= - log [H+]= - log (8x10-4)= 4 – log 8.
5.      pOH= 14 – pH = 14 – 5,5 = 8,5.
6.      Elektrolit Kuat
a.       Asam : HCl, H2SO4, HNO3, HClO4
b.      Basa: NaOH, KOH, Ba(OH)2, dan Ca(OH)2
Elektrolit Lemah
a.       Asam: CH3COOH, H2CO3, H2S, dan HCN.
b.      Basa: NH3.
7.      Semakin encer larutan, semakin besar nilai derajat ionisasi (α).
8.      HCl 0,01 M.
[H+]= 0,01
pH= - log [H+]= - log (10-2)= 2.



b.      Aspek afektif
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 4
Penafsiran angka :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik

c.       Aspek psikomotor
Penilaian dilakukan dengan memberi tanda centang pada kolom tersedia untuk dua jenis tindakan ( Tepat Waktu atau Tidak Tepat Waktu dan Lengakap atau Tidak Lengkap).
Skala penilaian :
                                TW      = 5
                                TTW    = 3
                                L          = 5
                                TL       = 3


                                                                                   

                                                                                   


Lembar Kerja siswa

1.      Apa perbedaan reaksi satu dengan reaksi dua……… ?
            Jawab : … ……………
2.      Reaksi yang menunjukkan bahwa zat tsb  asam adalah……. , , , , dan basa ………….
3.      Merupakan pengertian asam basa bmenurut siapakah reaksi di atas ?
Jawab :………………………………


Brosnsted lowry

1.      Dalam teori menurut brosnted apakah asam konjugat dan basa konjugat adalah………………………….
2.      Pada reaksi diatas manakah yang merupakan pasangan konjugat nya ?
Jawab :……………………………………..
3.      Apa yang berperan dalam asam basa bronsted lowry ?








Lembar kerja siswa pertemuan ke – 2

Kertas lakmus ada dua macam yaitu merah dan biru
1)Kertas lakmus merah
Kertas lakmus merah berubah menjadi berwarna biru dalam
larutan basa dan pada larutan asam atau netral warnanya
tidak berubah (tetap merah).
2) Kertas lakmus biru
Kertas lakmus biru berubah menjadi berwarna merah dalam
larutan asam dan pada larutan basa atau netral warnanya
tidak berubah (tetap biru).
Isilah table berikut ini
Larutan
Lakmus merah
Lakmus biru
Jenis larutan
1
biru
biru
…………………
2
……………..
biru
Netral
3
merah
………………..
Asam
4
…………………..
………………….
Basa

Berikanlah contoh indicator lainya yang dapat mendeteksi larutan merupakan asam atau basa !



 







Lembar kerja siswa pertemuan ke-3
Jumlah ion H  atau ion OH  yang dihasilkan ditentukan oleh
nilai derajat ionisasi (α)
dengan α = derajat ionisasi
                                                n = jumlah mol ....................................(mol)
a.      Tetapan  ionisasi  asam  (Ka )
Rumus untuk asam lemah
           
Rumus untuk basa lemah
Rumus untuk pH basa kuat
Rumus untuk ketetapan basa







Soal . Tentukan molaritas ion H+  dalam 100 mL larutan H2SO4  0,01 M.!
Contoh soal !
           
Jawablah soal berikut  :








Prosedur pertemuan ke -4
Menguji  larutan dengan kerta  lakmus
Alat
– kertas lakmus merah dan biru
– tabung reaksi
Bahan
– akuades – asam klorida
– asam cuka – air sabun
– air jeruk – air sumur
– air kapur – coca-cola
Cara  kerja
1. Siapkan kertas lakmus merah dan biru.
2. Siapkan larutan yang tercantum di tabel pengamatan dengan menggunakan tabung reaksi. Kalian juga bias mencari larutan lain yang ingin kalian ketahui sifatnya.
3. Ambil kertas lakmus merah dan biru, kemudian celupkan ke dalam larutan pertama yang kalian siapkan.
4. Catat hasil perubahan warna pada kertas lakmus merah
            dan biru. Kemudian lakukan hal yang sama untuk larutan yang lain
C. Prosedur Kerja
Trayek pH Indikator pp dan metil merah
1. Lakukan tes pH pada semua larutan yang telah disiapkan
2. Tuang larutan dalam tabung reaksi, beri label
3. Urutkan larutan dengan urutan pH 0-14.
4. Tambahkan larutan pp beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai urutan
5. Amati dan catat perubahan warna masing-masing larutan
6. Lakukan hal yang sama poin 1-2
7. Tambahkan larutan metal merah beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai urutan
8. Amati dan catat perubahan warna masing-masing larutan
Trayek pH Indikator Alami Asam Basa
1. Siapkan beberapa bagian tanaman seperti daun atau bunga yang memiliki warna.
2. Tumbuk daun/bunga dalam lumping dan alu. Tambahkan akuades
3. Ambil larutan sari daun/bunga, simpan pada gelas kimia atau tabung reaksi
4. Siapkan larutan dalam tabung reaksi, beri label
5. Urutkan larutan dengan urutan pH 0-14
6. Tambahkan sari daun/bunga beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai urutan
7. Amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada masing-masing larutan
8. Lakukan hal yang sama pada daun/bunga yang lain
D. Hasil Pengamatan
Jen is Indikator
asam basa
Warna yang ditunjukkan dalam
Lar 1
Lar 2
Lar 3
Lar 3
Lar 4
Lar 4
Lar 5
Lar 6
Nama Larutan&

Konsentrasi (M)








pH








Metil merah








Phenolptalein/pp








Daun..............








Bunga.............









E. Pertanyaan
1. Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator pp?
Jawab : .................................................................................................
2. Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator metal merah?
Jawab : .................................................................................................
3. Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator alami daun/bunga?
Jawab : .................................................................................................
4. Apakah daun/bunga yang kalian ambil efektif/berhasil digunakan sebagai indicator asam basa?Mengapa?
Jawab : .................................................................................................


F. Pembahasan
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
G. Kesimpulan
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
........................................................................



0 Response to "RPP Asam Basa Kelas XI Semster 2"