RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP)
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Asam dan Basa
Alokasi Waktu : 12 JP ( @ 45 Menit )
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan mengamati, mempertanyakan,
mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan diharapkan peserta didik
dapat:
1. Menjelaskan pengertian asam dan
basa menurut Arrheniusmelalui
diskusi kelompok dengan benar
2. Menjelaskan pengertian asam dan
basa menurut Bronsted-Lowrymelalui
diskusi kelompok dengan benar
3. Menuliskan persamaan reaksi asam
dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinyamelalui diskusi kelompok dengan benar
4. Menjelaskan pengertian asam dan
basa menurut Lewismelalui
diskusi kelompok dengan benar
5. Mengidentifikasi sifat larutan asam
dan basa dengan berbagai indikator.
6. Memperkirakan pH suatu larutan
elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan
hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indicator asam dan basamelalui diskusi kelompok dengan benar
7. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat
pengionan (α) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)melalui diskusi kelompok dengan benar
8. Menghitung pH larutan asam atau
basa yang diketahui konsentrasinyamelalui diskusi kelompok dengan benar
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Konmpetensi
KD
pada KI 3
|
KD
pada KI 4
|
3.10.Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam
basa dan/atau pH larutan
IPK
3.10.1
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
3.10.2
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry.
3.10.3
Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan
menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.
3.10.4
Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.
3.10.5
Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
3.10.6
Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna
berbagai indicator asam dan basa.
3.10.7
Menghubungkan
kekuatan asam atau basa dengan derajat pengionan (α) dan tetapan asam (Ka)
atau tetapan basa (Kb).
3.10.8
Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.
|
4.10 Mengajukan ide/gagasan tentang
penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau
titrasi asam/basa.
IPK
4.10.1 Merancang dan
melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai
indikator.
4.10.2 Menyimpulkan sifat
asam atau basa dari suatu larutan.
4.10.3 Merancang dan
melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang
tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai
indicator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium.
4.10.4 Menyimpulkan trayek
perubahan warna larutan asam dan basa.
|
C.
Materi
Pembelajaran
- Fakta :
Asam cuka merupakan salah satu larutan asam.
- Konsep :
a.
Teori asam basa Arrhenius.
Asam menurut Arrhenius adalah zat yang dalam air melepaskan ion H+.
sedangkan basa adalah senyawa yang dalam air dapat menghasilkan ion hidroksida
(OH-).
b.
Pengertian valensi asam.
Valensi asam adalah jumlah ion H+ yang dapat dihasilkan oleh
satu molekul asam.
c.
Pengertian indikator asam-basa
Indikator asam-basa adalah zat yang dapat memperlihatkan warna berbeda
dalam lingkungan asam dan basa.
d.
Pengertian trayek pH indicator adalah batas-batas pH dimana indicator
mengalami perubahan warna.
- Prinsip:
a.
Asam tau basa kuat
mengion sempurna (α ≈ 1), asama atau basa lemah mengion hanya sebagian kecil (α
≈ 0).
b.
Semakin besar nilai
Ka, semakin kuat keasamannya.
c.
Konsentrasi ion H+
dalam larutan asam kuat dapat ditentukan dengan kemolaran asamnya.
d.
Konsentrasi ion OH-
dalam larutan basa kuat dapat ditentukan dari kemolaran basanya.
e.
Untuk asam lemah
berlaku:
f.
Untuk basa lemah
berlaku:
g.
Tingkat keasaman
larutan dinyatakan dalam skala pH; semakin asam larutan, semakin kecil pH nya.
h.
pH= - log [H+]
pOH= - log [OH-]
pKa= - log Ka
pKb= - log Kb
pKw= - log Kw
- Prosedur :
Menunjukkan larutan asam, larutan basa dan larutan
netral.
Rancang dan lakukanlah suatu percobaan untuk menentukan
sifat asam-basa dari berbagai larutan ammonia, air tanah, dan air got. Anda
dapat menggunakan air suling sebagai contoh larutan netral, asam cuka sebagai
contoh larutan asam, dan air kapur sebagai contoh larutan basa. Sebagai
indicator asam-basa, dapat digunakan lakmus merah dan lakmus biru, serta
indikator pH (indicator universal untuk menentukan pH larutan).
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model
Pembelajaran :
Tanya
jawab, diskusi dan penugasan\
E.
Media Belajar
1.
Media : Lembar Kerja Siswa.
2.
Alat/Bahan : LCD dan Laptop.
F.
Sumber Pembelajaran
o
Buku Kimia untuk SMA kelas XI Erlangga,
o
media cetak,
o
media elektronik, dll.
G.
Kegitan
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1( 4 x
45 menit )
|
Waktu
|
|
Ø Pendahuluan/ Kegiatan
Awal
Ø Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
|
15 Menit
|
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok
belajar :
Mengamati
·
Peserta didik membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran
berlangsung) tentang materi
asam dan basa
·
Peserta didik mengamti media yang ditampilkan guru tentang asam
dan basa
·
Peserta didik mendengar dan menyimak penjelasan pengantar tentang materi
pelajaran
Menanya
·
Peseta didik berdiskusi di dalam kelompok dengan mengungkapkan materi
yang dapat dipahami dari kegiatan mengamati kepada sesama anggota kelompok.
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang materi pelajaran asam
dan basa yang
tidak dipahami dari kegiatan mengamati, misalnya :
-
Apa saja contoh asam
dan basa dalam kehidupan sehari-hari ?
Mengumpulkan data:
·
Mengidentifikasi beberapa larutan asam basa dengan beberapa indikator
·
Menganalisis teori asam basa berdasarkan konsep Arrhenius, Bronsted
Lowry dan Lewisdengan ditanggapi
aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah
pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur,sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
Mengasosiasi
·
Menyimpulkan konsep asam basa menurut Arrhenius, Bronsted Lowry dan
Lewis
·
Berdiskusi tentang data
yang sudah dikumpulkan/terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
·
Mengolah informasi
yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
·
Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam menyimpulkan.
Mengkomunikasikan
·
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikal
·
Mengemukanpendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
·
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
·
Menjawab pertanyaanyang terdapat pada buku
pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
·
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
·
Menyelesaikan uji kompetensi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu
untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
145
Menit
|
|
Ø Penutup
|
20Menit
|
|
2. Pertemuan Ke-2( 4 x
45 menit )
|
Waktu
|
|
Ø Pendahuluan/ Kegiatan
Awal
Ø Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
|
15 Menit
145 Menit
|
|
Ø Penutup
|
20 menit
|
|
3.
Pertemuan
Ke-3( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
|
Ø Pendahuluan/Kegiatan
Awal
Guru :
|
15 Menit
|
|
Ø Kegitan Inti
Mengamati:
·
Peserta didik mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/
mengamati dan
menyimpulkan data percobaan untuk memahami teori asam dan basa, indikator
alam dan indikator kimia, pH (asam/basa lemah, asam/basa kuat)
·
Peserta
didik mengamti media yang
ditampilkan guru tentang asam dan basa
·
Peserta
didik mendengar dan menyimak penjelasan pengantar tentang materi pelajaran
Menanya
·
Siswa bertanya bagaimana hubungan [H+] dengan pH?
·
Siswa bertanya bagaimana hubungan [OH-] dengan pOH?
·
Siswa bertanya bagaimana hubungan tetapan ionisasi asam (Ka) dengan
derajat ionisasi (α)?
·
Siswa bertanya bagaimana cara menghitung pH larutan asam dan larutan
basa?
Mengumpulkan data
·
Siswa merancang percobaan untuk pembuatan indikator alam dan
mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
·
Siswa melakukan percobaan pembuatan indikator alam dan
mengaplikasikannya.
·
Siswa merancang percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam
kuat serta basa lemah dengan basa kuat
yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter dan
mempresentasikan hasil rancangan untuk menyamakan persepsi.
·
Siswa melakukan percobaan untuk membedakan asam lemah dengan asam
kuat serta basa lemah dengan basa kuat
yang konsentrasinya sama menggunakan indikator universal atau pH meter.
·
Siswa mengamati dan mencatat hasil percobaan.
Mengasosiasikan
·
Siswa menghitung pH larutan asam dan larutan basa.
·
Siswa menghubungkan asam lemah dengan asam kuat serta basa lemah dengan
basa kuat untuk mendapatkan derajat ionisasi (α) atau tetapan ionisasi (Ka).
Mengkomunikasikan
·
Beberapa siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok tentang menghitung pH larutan asam dan larutan basasebagai rasa tanggung
jawab dari tugas yang telah dikerjakan bersama kelompok masing-masing.
·
Siswa dari kelompok lain diminta menanggapi hasil presentasi dari
kelompok penyaji.
Catatan:
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
145 Menit
|
|
Ø Penutup
|
20
Menit
|
H.
TekniK Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
a.
Tugas
·
Merancang
percobaan pemuatan indikator alam
·
Merancang
percobaan kekuatan asam dan basa
b.
Observasi
·
Sikap
ilmiah dalam melakukan percobaan dan presentasi, misalnya: melihat skala volume, cara menggunakan pipet, cara menimbang,
keaktifan, kerja sama, komunikatif, dan peduli lingkungan, dsb)
c.
Portofolio
·
Laporan
percobaan
d.
Tes
tertulis uraian
·
Pemahaman
konsep asam basa
·
Menghitung
pH larutan asam/basa lemah dan asam/basa kuat
·
Menganalisis
kekuatan asam basa dihubungan dengan derajat ionisasi ( α ) atau tetapan
ionisasi (Ka).
Disyahkan oleh :
Kepala SMA Negeri 2 Padang
|
Diperiksa oleh :
Wakasek Kurikulum
|
Padang, Januari 2017
Guru
Mata Pelajaran
|
Drs.SyamsulBahri,M.Pd.I
NIP. 196603201990031006
|
Reni Lestari, S.Pd, M.Si
NIP.
197411132000122003
|
Bustami, S.Pd
NIP.196603051989031009
|
Lampiran
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
a.
Aspek
Kognitif
Jawablah
soal-soal di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Jelaskan
pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
2. Jelaskan
pengertian asam dan basa menurut Bronsted-Lowry.
3. Tuliskan reaksi
ionisasi dari asam/basa berikut: asam sulfat, kalium hidroksida, barium
hidroksida.
4. Berapakah pH
larutan, jika [H+]: a. 0,01 M, b. 8 x 10-4?
5. Suatu larutan
mempunyai pH=5,5. Berapakah pOH larutan ini?
6. Sebutkan zat yang
termasuk elektrolit kuat dan elektrolit lemah!
7. Bagaimanakah
hubungan kekuatan asam dengan tetapan ionisasi asam?
8. Tentukanlah pH
dari HCl 0,01 M.
9. Manakah yang
lebih kuat, NH3 atau CH3COO- ? (Kb NH3=
1x10-5; Ka CH3COOH= 1x10-5).
b.
Aspek Afektif
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PERTEMUAN
KE-.....
XI IPA
No
|
Nama
|
Sikap yang
diamati pada proses pembelajaran
|
||
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
Kejujuran
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
c.
Aspek psikomotor
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
PERTEMUAN KE-.....
KELAS XI IPA
No
|
Nama
|
Keterampilan yang
diamati dalam membuat tugas
|
|||
TW
|
TTW
|
L
|
TL
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
TW : Tepat Waktu
TTW : Tidak Tepat Waktu
L : Lengkap
TL : Tidak Lengkap
3.
Pedoman Penskoran
a.
Aspek kognitif
Jawaban Soal
1.
Asam adalah zat
yang dalam air melepaskan ion H+, sedangkan basa adalah senyawa yang
dalam air dapat menghasilkan ion OH-.
2.
Asam adalah spesi
yang mendonorkan proton, sedangkan basa adalah spesi yang menerima proton.
3.
H2SO4(aq)
→ 2H+(aq) + SO42-(aq)
KOH(aq)→
K+(aq) + OH-(aq),
Ba(OH)2(aq)→Ba2+(aq)+2OH-(aq)
4.
A. [H+]
= 0,01 , pH= - log [H+]= - log (10-2)= 2.
B. [H+]
= 8x10-4, pH= - log [H+]= - log (8x10-4)= 4 –
log 8.
5.
pOH= 14 – pH = 14 –
5,5 = 8,5.
6.
Elektrolit Kuat
a.
Asam : HCl, H2SO4,
HNO3, HClO4
b.
Basa: NaOH, KOH,
Ba(OH)2, dan Ca(OH)2
Elektrolit Lemah
a.
Asam: CH3COOH,
H2CO3, H2S, dan HCN.
b.
Basa: NH3.
7.
Semakin encer
larutan, semakin besar nilai derajat ionisasi (α).
8.
HCl 0,01 M.
[H+]=
0,01
pH= - log [H+]=
- log (10-2)= 2.
b.
Aspek afektif
Skala penilaian
dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 4
Penafsiran
angka :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = amat baik
c.
Aspek
psikomotor
Penilaian
dilakukan dengan memberi tanda centang pada kolom tersedia untuk dua jenis
tindakan ( Tepat Waktu atau Tidak Tepat Waktu dan Lengakap atau Tidak Lengkap).
Skala
penilaian :
TW = 5
TTW = 3
L = 5
TL = 3
Lembar
Kerja siswa
1.
Apa perbedaan reaksi satu dengan reaksi dua……… ?
Jawab : … ……………
2.
Reaksi yang menunjukkan bahwa zat tsb asam adalah……. , , , , dan basa ………….
3.
Merupakan pengertian asam basa bmenurut siapakah reaksi di
atas ?
Jawab :………………………………
Brosnsted lowry
1.
Dalam teori menurut brosnted apakah asam konjugat dan basa
konjugat adalah………………………….
2.
Pada reaksi diatas manakah yang merupakan pasangan konjugat
nya ?
Jawab
:……………………………………..
3.
Apa yang berperan dalam asam basa bronsted lowry ?
Lembar kerja siswa
pertemuan ke – 2
Kertas lakmus ada dua macam yaitu merah dan biru
1)Kertas lakmus merah
Kertas lakmus merah berubah menjadi berwarna biru dalam
larutan basa dan pada
larutan asam atau netral warnanya
tidak berubah (tetap
merah).
2) Kertas lakmus biru
Kertas lakmus biru berubah menjadi berwarna merah dalam
larutan asam dan pada
larutan basa atau netral warnanya
tidak berubah (tetap biru).
Isilah
table berikut ini
Larutan
|
Lakmus
merah
|
Lakmus
biru
|
Jenis
larutan
|
1
|
biru
|
biru
|
…………………
|
2
|
……………..
|
biru
|
Netral
|
3
|
merah
|
………………..
|
Asam
|
4
|
…………………..
|
………………….
|
Basa
|
Berikanlah
contoh indicator lainya yang dapat mendeteksi larutan merupakan asam atau basa
!
|
|
|
Lembar kerja siswa pertemuan ke-3
Jumlah
ion H atau ion OH yang dihasilkan ditentukan oleh
nilai
derajat ionisasi (α)
n
= jumlah mol ....................................(mol)
a.
Tetapan ionisasi asam
(Ka )
Rumus untuk asam lemah
|
Rumus untuk basa lemah
|
Rumus untuk pH basa kuat
|
Rumus untuk ketetapan basa
|
Soal
. Tentukan molaritas ion H+
dalam 100 mL larutan H2SO4 0,01 M.!
Contoh
soal !
Prosedur pertemuan ke -4
Menguji larutan dengan kerta lakmus
Alat
–
kertas lakmus merah dan biru
–
tabung reaksi
Bahan
–
akuades – asam klorida
–
asam cuka – air sabun
–
air jeruk – air sumur
–
air kapur – coca-cola
Cara kerja
1.
Siapkan kertas lakmus merah dan biru.
2.
Siapkan larutan yang tercantum di tabel pengamatan dengan menggunakan tabung
reaksi. Kalian juga bias mencari larutan lain yang ingin kalian ketahui
sifatnya.
3.
Ambil kertas lakmus merah dan biru, kemudian celupkan ke dalam larutan pertama
yang kalian siapkan.
4.
Catat hasil perubahan warna pada kertas lakmus merah
dan biru. Kemudian lakukan hal yang
sama untuk larutan yang lain
C.
Prosedur Kerja
Trayek
pH Indikator pp dan metil merah
1.
Lakukan tes pH pada semua larutan yang telah disiapkan
2.
Tuang larutan dalam tabung reaksi, beri label
3.
Urutkan larutan dengan urutan pH 0-14.
4.
Tambahkan larutan pp beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai urutan
5.
Amati dan catat perubahan warna masing-masing larutan
6.
Lakukan hal yang sama poin 1-2
7.
Tambahkan larutan metal merah beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai
urutan
8.
Amati dan catat perubahan warna masing-masing larutan
Trayek
pH Indikator Alami Asam Basa
1.
Siapkan beberapa bagian tanaman seperti daun atau bunga yang memiliki warna.
2.
Tumbuk daun/bunga dalam lumping dan alu. Tambahkan akuades
3.
Ambil larutan sari daun/bunga, simpan pada gelas kimia atau tabung reaksi
4.
Siapkan larutan dalam tabung reaksi, beri label
5.
Urutkan larutan dengan urutan pH 0-14
6.
Tambahkan sari daun/bunga beberapa tetes pada masing-masing larutan sesuai urutan
7.
Amati dan catat perubahan warna yang terjadi pada masing-masing larutan
8.
Lakukan hal yang sama pada daun/bunga yang lain
D.
Hasil Pengamatan
Jen is Indikator
asam basa
|
Warna
yang ditunjukkan dalam
|
|||||||
Lar 1
|
Lar 2
|
Lar 3
|
Lar 3
|
Lar 4
|
Lar 4
|
Lar 5
|
Lar 6
|
|
Nama Larutan&
Konsentrasi (M)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
pH
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Metil merah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Phenolptalein/pp
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daun..............
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bunga.............
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E.
Pertanyaan
1.
Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator pp?
Jawab
:
.................................................................................................
2.
Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator metal
merah?
Jawab
: .................................................................................................
3.
Pada larutan dengan titik pH berapakah, terjadi perubahan warna indikator alami
daun/bunga?
Jawab
:
.................................................................................................
4.
Apakah daun/bunga yang kalian ambil efektif/berhasil digunakan sebagai
indicator asam basa?Mengapa?
Jawab
:
.................................................................................................
F.
Pembahasan
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
G.
Kesimpulan
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
........................................................................
0 Response to "RPP Asam Basa Kelas XI Semster 2"
Post a Comment