RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA . . . . . . . . . . . . .
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Teks laporan hasil observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan
:
Alokasi Waktu :
8 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti
- Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
- Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.2. Membandingkan teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
3.2.2. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks laporan hasil observasidengan cermat.
4.2. Memproduksi teks laporan hasil
observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi tekslaporan hasil observasi
4.2.2. Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokokteks laporan hasil observasi ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat:
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
2. Membandingkan struktur
isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi
3. Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks laporan hasil observasi
4. Memproduksi teks laporan
hasil observasi yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
1. Sistem peredaran darah manusia terdiri atas
darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.
2. Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat
sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan
menjadi golongan A, B, O, dan AB.
3. Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu
arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang
lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh.
Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen.
Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini
memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler
adalah pembuluh darah yang sangat kecil.
4. Jantung adalah organ yang berbentuk seperti
kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ
yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai
ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung
sekitar 300 gram.
(Diadaptasikan dari Reading and Thinking in English, Vol.
1, 1986: 14).
2. Langkah-langkah
membandingkan teks laporan hasil
observasi
a
Membaca/ mengamati
dua teks secara saksama
b
Memahami kaidah struktur
dan isi dua teks
c
Mengenali bahasa yang
digunakan
d
Menganalisis perbedaan
struktur isi dan bahasa
3. Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
a
Menetapkan tema teks
b
Menetapkan tujuan teks
c
Menuliskan isi teks
secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
d
Mengamati dan meneliti
kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
e
Memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3. Metode Diskusi, Penugasan
F.
Media Pembelajaran
1. Laptop dan LCD
2. Tayangan laporan hasil observasi
G. Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3. Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
1. Pengetahuan
dan kemampuan peserta didik tentangperbandingan teks laporan hasil observasi yang beredar di
masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks laporan
hasil observasi
2.
Peserta
didik mengamati contoh teks yang
ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan
hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik, “Sistem peredaran darah manusia” hal. 15. Untuk menyampaikan ide
daftar masalah yang berkaitan.
3.
Peserta
didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta
didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan dengan materi
perbandingan dan produksi teks laporan hasil observasi
5.
Peserta
didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil
observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta
didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk
mengeksplorasi perbandingan dan produksi teks laporan hasil observasi.
7.
Masing-masing
kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian mendiskusikannya.
8. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mem-presentasikan hasil diskusi sedangkan
kelompok lain
merespon/ menanggapi dengan santun kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenaitopik/
masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks laporan hasil
observasi dan pemecahannya.
10.Peserta
didik melanjutkan pembelajaran aspek keteram-pilan dengan cara merencanakan
tindakan untuk memproduksi sebuah laporan hasil observasi dengan tema
tertentu.
11.Peserta
didik bersama guru membahas hasil produksi teks laporan hasil
observasi.
12.Peserta
didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas
pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru mengarahkan peserta
didik untuk
membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks laporan hasil observasi dan hasil produksi teks laporan
hasil observasi.
2. Guru
memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan
pesan agar peserta didikselalu belajar.
|
20
menit
115
menit
45
menit
|
I. Penilaian
1. Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2. Prosedur penilaian:
Penilaian
Proses(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Proaktif
|
Penilaian
Hasil
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam membandingkanteks laporan hasil observasi!
|
2.
Mengungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks
laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Ungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi:
a
Membaca/ mengamati
dua teks secara saksama
b
Memahami kaidah struktur
dan isi dua teks
c
Mengenali bahasa yang
digunakan
d
Menganalisis perbedaan
struktur isi dan bahasa
2.
Langkah-langkah
memproduksi teks laporan hasil observasi
a
Menetapkan tema teks
b
Menetapkan tujuan teks
c
Menuliskan isi teks
secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
d
Mengamati dan meneliti
kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
e
Memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal
nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab
benar
|
50
|
Siswa menjawab
tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab
salah
|
5
|
Soal
nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab
benar
|
50
|
Siswa menjawab
tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab
salah
|
5
|
2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah teks laporan hasil observasi yang koheren!
Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi)
Tekslaporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan
pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks laporan hasil observasi
|
Sudah
tepatkah pemilihan tema (topik) teks sesuai struktur isi teks laporan hasil observasi?
|
||
2.
|
Ketepatan
penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah
tepatkah penulisan teks sesuai struktur isi dan bahasateks laporan hasil observasi?
|
||
3.
|
Ketepatan
penggunaan bahasa dan ejaan
|
Apakah
penggunaan bahasa dalam menulis teks
laporan hasil observasisesuai kaidah dan EYD?
|
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran
: ...............................................................
Kelas/
Semester :
...............................................................
Tahun
Ajaran
: ...............................................................
Waktu
pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan
sikap religius, tanggung
jawab, jujur, disiplin, dan proaktif
a. Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
b. Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg
atau konsisten
c. Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan
ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
d. Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung
jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||
Mengetahui, Meurueudu,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
0 Response to "RPP Teks Laporan Hasil Observasi SMA Kelas X"
Post a Comment