Selamat Datang di Website INFO PENDIDIKAN | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di zainalinfopendidikan.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017


Kisi-Kisi Terbaru Pre Test PKB Untuk Kepala Sekolah 2017
  • Merumuskan visi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan misi
  • Merumuskan misi sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
  • Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
  • Menyusun rencana kerja sekolah/madrasah
  • Menyusun perencanaan evaluasi program sekolah/ madrasah
  • Mengarahkan perencanaan evaluasi program
Kompetensi
Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
Indikator
  • Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sekolah/madrasah
  • Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
Kompetensi
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
Indikator
  • Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
  • Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
  • Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
Kompetensi
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal
Indikator
  • Menganalisis kebutuhan guru dan staf
  • Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
  • Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
  • Menerapkan prinsip pengharga
Kompetensi
Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
Indikator
  • Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
  • Menganalisis kebijakan program tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
  • Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
  • Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
Kompetensi
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik
Indikator
  • Menyeleksi peserta didik baru (PPDB)
  • Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
  • Melaksanakan orientasi peserta didik baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
  • Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
Kompetensi
Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
Indikator
  • Menyusun RKAS
  • Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
  • Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
Kompetensi
Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah
Indikator
  • Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
  • menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
Kompetensi
Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
Indikator
  • Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
  • Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi program sekolah/madrasah
DIMENSI USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH :
Kompetensi
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
Indikator
  • Menganalisis tugas dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
  • Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis tugas dan fungsi
  • Melaksanakan rincian tugas dan fungsi pengembangan struktur organisasi
  • Mengevaluasi keterlaksanaan tugas dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
Kompetensi
Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
Indikator
  • Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
  • Mengembangkan suasana belajar yang kondusif bagi seluruh warga sekolah/madrasah
  • Merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan perangkat organisasi pembelajar
Kompetensi
Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
Indikator

  • Menggali bentuk dukungan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
  • Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
  • Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
Kompetensi
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
Indikator
  • Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
  • Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
  • Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
  • Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan
Kompetensi
Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah
Indikator
  • Merumuskan tujuan layanan khusus
  • Menyusun program unit layanan khusus sekolah
  • Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
  • Mengevaluasi program unit layanan khusus sekolah
Kompetensi
Mengelola sistem informasi pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan
Indikator
  • Menyusun program Sistem Informasi Sekolah (SIS)
  • Meningkatkan peran warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
  • Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
Kompetensi
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah
Indikator
  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengolahan data
  • Menerapkan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyampaian informasi sekolah
  • Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
  • Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT

DIMENSI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN :
Kompetensi
Mengembangkan strategi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
Indikator
  • Memecahkan masalah peningkatan prestasi belajar.
  • Melaksanakan program peningkatan prestasi belajar.
  • Menilai pelaksanaan program peningkatan prestasi belajar.
Kompetensi
Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan kondusif di sekolah agar hasil belajar siswa dapat mencapai target optimal
Indikator
  • Menganalisis lingkungan belajar yang kondusif
  • Mendukung iklim pembelajaran akademis
  • Memaksimalkan pembiasaan positif seluruh warga sekolah agar menjadi komunitas pembelajar
Kompetensi
Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Indikator
  • Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
  • Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melakukan hal yang terbaik
  • Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran
Kompetensi
Melibatkan pemangku kepentingan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran
Indikator
  • Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya
  • Memfasilitasi warga sekolah untuk melakukan eksperimentasi, prakarsa moral dan hal-hal baru dalam pembelajaran
Kompetensi
Meningkatkan hasil belajar warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
Indikator
  • Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
  • Memaksimalkan peran organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

DIMENSI KEWIRAUSAHAAN :
Kompetensi
Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/ madrasah
Indikator
  • Merancang inovasi untuk pengembangan sekolah/ madrasah
  • Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah
Kompetensi
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
Indikator
  • Merancang strategi dalam membangun budaya kerja keras
  • Menerapkan strategi untuk membangun budaya kerja keras
  • Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah
Kompetensi
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
Indikator
  • Menunjukkan keinginan yang kuat untuk sukses
  • Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai target yang ditetapkan
Kompetensi
Pantang menyerah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah
Indikator
  • Memperhitungkan risiko yang muncul akibat upaya yang dilakukan
  • Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah
Kompetensi
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber belajar peserta didik
Indikator
  • Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
  • Menggunakan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah

DIMENSI SUPERVISI :
Kompetensi
Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
Indikator
  • Menyusun program supervisi akademik
  • Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
  • Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
  • Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
  • Menyusun prosedur monitoring dan evaluasi supervisi akademik
  • Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
Kompetensi
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
Indikator
  • Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
  • dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru
  • Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan supervisi berdasarkan prinsip-prinsip supervisi akademik
  • Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang tepat dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
  • Memecahkan masalah pengembangan pembelajaran supervisi akademik
  • Menggunakan teknologi informasi untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
Kompetensi
Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
Indikator
    • Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
    • Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil langsung (output) supervisi akademik
    • Melakukan analisis hasil evaluasi untuk kepentingan tindak lanjut
    • Mengembangkan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi supervisi akademik
    • Menentukan langkah-langkah supervisi klinis
Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.gurudikmen.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber  terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

0 Response to "KISI-KISI TERBARU PRE TEST PKB UNTUK KEPALA SEKOLAH 2017"