Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teknik adalah metode atau sistem
mengerjakan sesuatu. Dalam proses belajar mengajar, teknik dapat diartikan cara
yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara
spesifik. Teknik harus konsisten dengan metode. Misalnya, penggunaan metode
caramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik
tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode
ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.
Penentuan
strategi berkaitan erat dengan teknik pengajaran yang dilakukan. Strategi yang
baiktanpa teknik yang memadai bisa berakibat fatal. Kemampuan guru sangat
menentukan dalam memilih teknik belajar mengajar yang digunakan agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai denganbaik. Guru perlu mengkaji teknik mengajar
yang sesuai dan memilih strategi-strategi yangmemberikan peluang paling banyak
bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam prosespencapaian tujuan
pembelajaran atau kompetensi tertentu.
Baik
untuk guru reguler maupun guru bimbingan belajar, ada beberapa kompetensi yang
harusdimiliki oleh seorang pengajar/guru di antaranya adalah pemahaman dan penguasaan
teknikpenyajian mengajar. Agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan
efisien dalammencapaitujuan yang diharapkan, para pengajar/guru harus memahami
dan menentukan stretegipembelajaran dengan tepat.
Seorang
pengajar/ guru harus mengetahui dan memahami teknik-teknik penyajian dan
sifat-sifat yang khas pada setiap teknik dengan tujuan yang hendak dicapai.
Berikut ini akan diuraikan beberapa teknik penyajian mengajar (Iskandarwassid
dan Dadang Sunendar, 2008: 67-70).
Berikut ini 15 teknik mengajar yang harus diketahui:
- Teknik Penyajian Diskusi
- Teknik Penyajian Kerja Kelompok
- Teknik Penyajian Penemuan
- Teknik Penjajian Simulasi
- Teknik Penyajian Unit Teaching
- Teknik Penyajian Sumbang saran Brain Stroming
- Teknik Penyajian Inquiry
- Teknik Penyajian Eksperimen
- Teknik Penyajian Demonstrasi
- Teknik Penyajian Karya Wisata
- Teknik Penyajian Kerja Lapangan
- Teknik Penyajian Secara Kasus
- Teknik Penyajian Secara Sistem Ratu ( Team Teaching )
- Teknik Penyajian Latihan ( Drill )
- Teknik Penyajian Ceramah
Berikut penjelasannya:
1. Teknik Penyajian Diskusi
Dalam teknik ini, pengajar
menciptakan terjadinya kegiatan atau interaksi antara dua atau lebih individu
yang terlibat, sehingga tukar informasi, pengalaman, memecahkan masalah
sehingga
terjadi suasana yang aktif di antara
peserta didik. Teknik ini hampir sama dengan teknik interaksi massa. Dalam
teknik interaksi massa, bentuk diskusi yang digunakan berupa diskusi pane, simposium,
seminar, dan lain sebagainya.
2. Teknik Penyajian Kerja Kelompok
Dalam pelaksanaan teknik
ini, pengajar membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas
lima, enam, atau tujuh orang. Mereka bekerja sama dalam memecahkan masalah atau
melaksanakan tugas tertentu dan berusaha mencapai tujuan pengajaran yang telah
ditetapkan.
3. Teknik Penyajian Penemuan
Teknik ini memberi
ksempatan pada peserta didik untuk menemukan sendiri atau mengalami proses
mental, seperti mengamati, memcerna, mengklasifikasikan, dan lain sebagainya.
Dalam teknik ini, pengajar hanya membimbing dan memberikan instruksi serta
berusaha meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses belajar.
4. Teknik Penyajian Simulasi
Teknik ini memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk berperan seperti orang-orang yang erlibat
atau dalam keadaan yang dikehendaki. Peserta didik berlati memegang pera
sebagai orang lain. Bentuk pelaksanaan simulasi ialah peer teaching,
sosiodrama, psikodrama, permainan simulasi, dan bermain peran.
5. Teknik Penyajian Unit Teaching
Teknik ini memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam pengajara unit yang teridri atas
tiga tahap, yaitu perencaaan, pengerjaan unit, dan kulminasi sehingga peserta
didik dapat belajar secara komprehensif.
6. Teknik Penyajian Sumbang Saran Brain
Storming)
Teknik ini melontarkan
masalah kepada peserta didik yang harus dijawab atau ditanggapi oleh mereka
sehingga masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru.
7. Teknik Penyajian Inquiry
Teknik ini bertujuan agar
peserta didik terangsang oleh tugas dan mencari sendiri pemecahan masalah itu,
mencari sumber sendiri, dan belajar bersama dalam kelompoknya.
8. Teknik Penyajian Eksperimen
Teknik inimengaktifkan
peserta didik untuk melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya,
serta membuat laporanya.
9. Teknik Penyajian Demonstrasi
Teknik ini memperlihatkan
aktivitas pengajar melakukan suatu kegiatan atau percobaan sehingga proses
penerimaan peserta didik terhadap pelajaran lebih mendalam, membentuk
pengertian dengan baik dan sempurna.
10. Teknik Penyajian Karyawisata
Teknik ini berlangsung di
luar kelas. Peserta didik diajak ke suatu objek tertentu untuk meneliti tau
meninjau guna memperoleh pengalam langsung dari objek yang dikunjunginya.
11. Teknik Penyajian Kerja Lapangan
Teknik inimengajak peserta
didik ke suatu tempat di luar sekolah. Tujuannya tidak hanya sekadar untuk
mengadakan observasi, tetapi terjun langsung aktif, berpartisipasi ke lapangan
kerja agar peserta didik dapat menghayati sendiri serta mengadakan penyelidikan
serta bekerja sendiri dalam pekerjaan yang ada di masyarakat.
12. Teknik Penyajian secara Kasus
Teknik ini menyajikan bahan
pelajaran berdasarkan kasus yang ditemui peserta didik. Masalah dibahas bersama
untuk mendapatkan penyelesaian.
13. Teknik Penyajian secara Sistem Retu
(Team Teaching)
Teknik ini melibatkan
beberapa orang pengajar untuk membahas satu topik pelajaran. Teknik ini dapat
dipadukan dengan teknik antardisiplin ilmu.
14. Teknik Penyajian Latihan (Drill)
Teknik ini memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan latihan agar
memiliki keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
15. Teknik Penyajian Ceramah
Teknik ini merupakan teknik
tradisional, tetapi masih cocok digunakan terutama bila mengajar pada kelas
yang jumlah peserta didiknya banyak. Teknik ini digunakan bila tujuan
pembelajaran untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik secara
0 Response to "15 Teknik Mengajar Yang Wajib Dipahami Pendidik"
Post a Comment