Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah suatu rencana
kegiatan awal pembelajaran yang sangat penting tatap muka antara guru dan siswa
untuk satu pertemuan disekolah . RPP dikembangkan dari silabus untuk
mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi
Dasar yang telah ditentukan sebelumnya baik kurikulum 2013 maupun kurikulum
KTSP 2006.
Ada berbagai kegiatan persiapan yang wajib dilakukan guru
sebelum memulai proses pembelajaran, mulai dari membaca buku-buku referensi untuk
memperluas wawasan, mengidentifikasi sumber-sumber belajar yang relevan, dan
menentukan langkah-langkah pembelajaran, sampai dengan menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan
administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang
melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses. Penyusunan dan pengembangan
RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok. Acuan
pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.
RPP dikembangkan pada setiap awal semester atau awal tahun
pelajaran. Ini dimaksudkan agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap
awal pelaksanaan pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan buku panduan penyusunan RPP
sesuai dengan Kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 adalah Kurikulum terbaru yang diterapkan di
Indonesia. Kurikulum 2013 dibuat sebagai pengganti Kurikulum sebelumnya yang
dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Meskipun belum
semua sekolah di Indonesia menggunakan Kurikulum 2013, namun Kurikulum 2013
lambat laun akan diterapkan di seluruh jenjang Pendidikan di Indonesia.
Tujuan diterbitkan buku panduan penyusunan RPP adalah secara
rinci dapat menjadi petunjuk operasional bagaimana komponen-komponen RPP
disusun dalam format yang tertata lengkap.
Selengkapnya mengenai Buku panduan penyusunan RPP dari
Kemendikbud dapat diunduh melalui tautan berikut ini:
Kemendikbud mengingatkan,
guru perlu mempersiapkan proses pembelajaran dengan sebaik-baiknya.Dalam hal
ini, guru harus merencanakan pengalaman belajar yang beragam. Pembelajaran pada
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses
keilmuan.
Pendekatan saintifik dapat
menggunakan beberapa strategi pembelajarandan model-model pembelajaran yang
mengembangkan pembelajaran siswa aktif. Model pembelajaran merupakan suatu
bentuk pembelajaran yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya
misalnya project-based learning, problem-based learning, dan inquiry/discovery
learning.
Salah satu prinsip
pembelajaran yang penting dalam Kurikulum 2013 adalah peserta didik mencari
tahu bukan diberi tahu. Prinsip ini merujuk pada konsep pembelajaran yang
berpusat pada peserta didik (student active learning). Dengan model-model
tersebut guru diharapkan dapat mengarahkan peserta didik untuk aktif mencari
tahu dan membangun pengetahuan baru yang dipelajari.
0 Response to "Download Buku Panduan Penyusunan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017"
Post a Comment