Selamat Datang di Website INFO PENDIDIKAN | Kami Menerima Pesanan Pembuatan RPP K-13 Revisi 2017 (Lengkap dengan buku 1 dan buku 2) Hubungi No WA: 082168321603 | Terimakasih Kunjungannya.

Trimakasih telah berkunjung di zainalinfopendidikan.com Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik disini ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Pengertgian istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh....

Berikut ini kami menyajikan informasi Pendidikan tentang Menggunakan/Menyebutkan istilah Pendekatan, Model,  Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP....silahkan simak dibawah ini.....

Beberapa hal yang sering dipakai dalam penyusunan pembuatan  RPP:
 
1.Pendekatan
Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan terjadinya sebuah proses yang sifatnya masih sangat general atau umum, didalamnya mewadahi, menguatkan, menginsiprasi dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. 

Dilihat dari jenisnya, pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.

Contoh jika kelas merupakan kelas siswa pandai dan kritis- analitis maka guru dpt memilih pendekatan scietifik

2. Model 
Model pembelajaran hakikatnya adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang dikemas secara khas oleh seorang pendidik.

Dengan kata lain, model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.

Namun demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering disamakan dengan strategi pembelajaran ( padahal berbeda) sedangkan

3. Strategi 
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara tertentu yang dipergunakan secara prosedural dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kualitas hasil dan Random.

contoh: jika kelas siswa pandai  menggunakan pendekatan scientifik maka model yg dipakai Discovery learning dlm pelaksanaanya menggunakan strategi anak2 mengamati secara indivual atau  mengobservasi terlebih secara berkelompok. atau menggunakan strategi menjelaskan kemudian anak memaparkan atau sebaliknya.

secara teori berdasarkan jenisnya strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan jika ditinjau dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

4. Metode
Metode Pembelajaran bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dipergunakan dalam pengimplementasian rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain sebagainya. 

5. Teknik 
Teknik Pembelajaran bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah di sebuah kelas dengan jumlah peserta didik yang terbatas tentunya secara teknis harus berbeda dengan penggunaan metode ceramah di kelas dengan jumlah peserta didik yang banyak. 

Demikian pengertian istilah  Pendekatan, Model,  Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP. Terimakasih semoga bermanfaat.
 Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

0 Response to "Pengertgian istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP "