Assalamu’alaikum
Warahmatullahi Wabarakaatuh....
Berikut ini kami menyajikan informasi Pendidikan tentang Menggunakan/Menyebutkan istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP....silahkan simak dibawah ini.....
Berikut ini kami menyajikan informasi Pendidikan tentang Menggunakan/Menyebutkan istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP....silahkan simak dibawah ini.....
Beberapa hal yang sering dipakai dalam penyusunan pembuatan RPP:
1.Pendekatan
Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap
proses berlangsungnya pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan
terjadinya sebuah proses yang sifatnya masih sangat general atau umum,
didalamnya mewadahi, menguatkan, menginsiprasi dan melatari metode dalam
suatu pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dilihat
dari jenisnya, pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis
pendekatan, yaitu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta
didik dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.
Contoh jika kelas merupakan kelas siswa pandai dan kritis- analitis maka guru dpt memilih pendekatan scietifik
2.
Model
Model pembelajaran hakikatnya adalah sebuah bentuk pembelajaran yang
tergambarkan dari awal sampai akhir pembelajaran yang dikemas secara
khas oleh seorang pendidik.
Dengan
kata lain, model pembelajaran adalah bingkai atau bungkus dari
pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.
Namun
demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering
disamakan dengan strategi pembelajaran ( padahal berbeda) sedangkan
3.
Strategi
Strategi pembelajaran merupakan cara-cara tertentu yang dipergunakan
secara prosedural dan sistematis dalam suatu aktivitas pembelajaran,
dalam rangka meningkatkan kualitas hasil dan Random.
contoh:
jika kelas siswa pandai menggunakan pendekatan scientifik maka model
yg dipakai Discovery learning dlm pelaksanaanya menggunakan strategi
anak2 mengamati secara indivual atau mengobservasi terlebih secara
berkelompok. atau menggunakan strategi menjelaskan kemudian anak
memaparkan atau sebaliknya.
secara
teori berdasarkan jenisnya strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke
dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan
group-individual learning. Sedangkan jika ditinjau dari cara pengolahan
dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa dibedakan menjadi 2 macam,
yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
4. Metode
Metode Pembelajaran bisa
diartikan sebagai sebuah cara yang dipergunakan dalam
pengimplementasian rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata
untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran
yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran,
yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium,
pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain sebagainya.
5. Teknik
Teknik Pembelajaran bisa
diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seorang guru dalam
mengimplementasikan metode pembelajaran secara spesifik. Misalkan,
penggunaan metode ceramah di sebuah kelas dengan jumlah peserta didik
yang terbatas tentunya secara teknis harus berbeda dengan penggunaan
metode ceramah di kelas dengan jumlah peserta didik yang banyak.
Demikian pengertian istilah Pendekatan,
Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP. Terimakasih semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
0 Response to "Pengertgian istilah Pendekatan, Model, Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP "
Post a Comment